Makhluk Terbaik


Untuk memahami istilah makhluk terbaik penulis melakukan penelusuran melalui Google. Dengan entri the best creature in the world hasilnya mengecewakan: yang muncul hampir semuanya terkait dengan binatang buas. Bagi penulis makhluk terbaik logisnya dari berasal dari species manusia.  Dengan entri the best man hasilnya lebih mengecewakan: yang keluar terkait dengan film yang berjudul the Best Man

Penelusuran berlanjut tanpa Google dan merasa beruntung ketika bertemu dengan QS (98:37). Sumber ini menggunakan istilah khairul bariyyah yang umumnya diterjemahkan sebagai “sebaik-baiknya makhluk” atau “makhluk terbaik”. Terjemahan ini sejalan degan terjemahan Quran-Inggris yang sempat penulis periksa: Picthal, Yusuf, Mawdudi-Zafar, Ishaq, Ismatullah, Shaheeh, Mahmoud. Semuanya menggunakan narasi the best creature atau the best of all creature sebagai terjemahan khairul bariyyah.  Perasaan beruntung berlipat karena istilah qurani ini ternyata merujuk pada manusia. 

Tulisan ini bertemakan makhluk terbaik dengan rujukan utama QS (98:37) yang dibaca dalam perspektif logika simbol (symbolic logic). Agar memudahkan tulisan ini dibagi ke tiga topik. Topik pertama, demi kejelasan, membahas Logika Simbol secara singkat. Topik kedua, membahas ayat ini menggunakan T-Table dan Diagram Venn sebagai alat bantu analisis. Bagian terakhir membahas ekuivalensi makhluk terbaik dengan ahli surga berdasarkan QS (98:37-38).

Topik

  1. Logika Simbol: Pengantar Singkat.
  2. Makhluk Terbaik: Analisis T-Table dan Diagram Venn.
  3. Makhluk Terbaik dan Ahli Surga.

Prinsipnya masing-masing topik dapat dibaca secara terpisah tetapi, untuk memperoleh gambaran utuh, disarankan untuk membaca semua topik secara berurutan.

[Untuk mengakses Topik 1 klik INI]

2 thoughts on “Makhluk Terbaik

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.